Senin, 22 Maret 2010

UNTUK CEWEK YANG TERTAWA SEDEMIKIAN KERASNYA...

Tulisan ini aku buat sebagai sebuah pelurusan dari apa yang kayaknya belum terlalu lurus…

Beberap waktu yang lalu aku mengisi materi di suatu tempat di sebuah organisasi, hoho2… berhubung emang dasarnya aku ini orang packaging sanguinis yang likes to talk many thing, saya ‘keprucut’, ehm… ‘keprucut’ tu apa ya bahasa indonesianya? Semacam keceplosan gitu deh… iya, saya keceplosan ngomongin sesuatu mengenai yang aku sukai dan gak aku sukai. Lupa kronologisnya seperti apa yang jelas aku kmudian ngomong kalo aku gak seneng banget sama cewek yang ketawanya keras2… dan konon nih, ada beberapa yang merasa tersungging dengan omonganku ini, karena merasa ketawanya keras kali ya… soalnya aku sendiri juga gak tau ketawanya yang tersinggung ni kayak gimana, I don’t even know how they laugh !!!

Mengenai cewek dengan ketawa keras ini aku punya kesan tersendiri… sebenarnya gak Cuma ketawa aja sih, buat cewek yang speakernya kekencengen secara umum aku punya kesan tersendiri mengenainya, dan kesannya adalah : buruk… aku sendiri jijay juga kalo ngliat cewek yang ketawanya dibuat2 lemah lembut-nya, aku punya teman yang kalo ketawanya di-lemah gemulai-kan dengan lebay-nya, inipun juga parah banget… not better-lah… tapi bukan berarti cewek dengan speaker kekencengan juga better !

Pas MABA dulu aku di-OSPEK dan ada sebuah divisi namanya TERRA, ini divisi khusushon buat mbentak2 dan marah2in MABA, di divisi itu ada seorang Mbak2 yang kalo ngomong selalu pake speaker keras2 hingga volume maksimal, sehingga pas mbak itu ngomong bukanya aku nutup kuping tapi langsung deh aku merasa bulu kuduk ini meremang… dan pas taun berikutnya, si mbak ini tetep jadi TERRA dengan tetap mengandalkan suaranya yang treble abis itu, hingga kemudian OSPEK 2007 di ekonomi meniadakan divisi TERRA berakhir pulalah karir politik mbak yang I don’t even know her name (emang ga pengen tau juga sih…) entah dirinya udah gak kepake (coz hanya itu yang dia punya) ato emang mbaknya dah terlalu tua sehingga harus lulus atau terancam bereputasi buruk di dunia akademik.

Saya juga pernah mendapati seorang perempuan (kalo dia perempuan, suaranya mirip perempuan sih) yang ketawanya keras banget, waktu itu aku ada di Aula gedung D FE UB, saat itu terdengar sebuah ketawa yang membahana dari luar, awalnya hanya suara ketawanya yang terdengar, tapi si mbak ini jalan dengan pedenya tetap dengan ketawa-ketiwinya yang menggelegar… saya sampe sekarang gak habis pikir apa yang membua si mbak ini bisa ketawa begitu lama, panjang, dan keras… apa dia sedang ketawa-ketiwi sendiri (berarti gila dong), atau dia saat itu sambil bertelepon ria (kalo toh dia sedang bertelepon seharusnya si lawan bicaranya selaput gendangnya sudah pecah, habis ketawanya keras banget…)

Begitulah pengalamanku dengan cewek2 yang suaranya keras2 gak jelas, kenapa aku bilang gak jelas ? soalnya ada juga cewek yang suaranya keras dan jelas… dan ini malah bagus banget! Misalkan dia anggota paduan suara yang harus bersolois ria, suaranya wajib keras tuh… apalagi kalo dinamikanya fortissimo assai*, ini harus keras banget… tapi tetep bagus dan enak didengar… misalkan juga kalo cewek yang mimpin barisan di OSPEK, kalo ini mah gak bikin bulu kuduk meremang…(meski gak terlalu seneng juga sih… kalo ada cowok ngapain cewek ?) tapi kalo cewek yang ketawa2 gak jelas dan mengeraskan suaranya dengan parahnya? Oke, mungkin dia basic-nya suara keras, tapi come on-lah, kita bisa mengontrol diri kita sendirikan? Kencing dan berak aja kita bisa nahan, masa ngontrol suara aja gak bisa ?

Untuk para perempuan yang tertawa dengan speaker maksimal, ketidak sukaan saya itu bukan tanpa alasan, dan percayalah ini untuk kebaikan anda juga… sepengobrolan saya dengan beberapa pria terhormat dan terpelajar, mereka juga tidak menyukai perempuan yang tertawa ngakak bin keras… ketika melihat seorang perempuan seorang pria biasa memberikan kesan pertama, kesan kedua diperoleh dari attitude si cewek, kalo attitude-nya positif kesannya semakin baik, kalo atiitutude-nya negative maka akan mengurangi ‘nilai’ si cewek… dan ketawa ngakak bin keras adalah sesuatu yang akan mengurangi ‘nilai’ itu…

Dan sekali lagi buat yang ngerasa tersungging atau tersindir, sekali lagi aku gak bermaksud menyindir langsung tunjuk orang, misalkan kamu atau kamu…, tapi setidaknya kalo ngerasa tersindir berarti semoga kamu ngerasa kalo sebenarnya yang kayak begituan itu kalo orang jawa bilang ‘kurang pathut’, kalo dah tau ‘kurang pathut’ kurang pantes ! so ngapain diulangi lagi ? aku hanya mengomongkan beberapa perempuan yang kurang bisa menjaga kehormatan dirinya dengan mengumbar suara dan tawanya dengan hebohnya… dan aku hanya berharap itu bukan kamu ataupun kamu…

*) = fortissimo asai adalah salah satu tanda dinamik pada lagu. Tanda dinamik adalah tanda untuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Fortissimo assai berarti sekeras mungkin, bahkan saking kerasnya sampe selevel lagi suara kita minta dikerasin udah gak bisa lagi coz itu adalah suara paling keras yang bisa kita keluarkan...

1 komentar: