Selasa, 10 Agustus 2010

CHJS : Astra I'm In Love (Part 3)

Hya… nulis lagi, setelah sebulan lebih… Part-3 of Catatan Harian Seorang Job Seeker episode Astra I’m In Love akhirnya kuteruskan juga… dimana aku sebelumnya sedang bercerita bab Pelabuhan – Astra Trac memanggil saya ternyata bukan untuk Astra Trac sendiri, tetapi buat anak perusahaan Astra Trac, alias Cucunya Astra, yakni Harmony Logistics, sebuah perusahaan Shipping gitu deh… Kantornya di Tanjung Priok. Lokasi Kantornya asyik banget, adem, banyak pepohonan, banyak orang jualan makanan (Hehe, boong banget sih…) Opposite-nya-lah… mo jumatn aja kudu pake mobil kantor untuk menjuangkau mesjid di kampung terdekat… gak ada mesjid di sekitar situ, kalo gudang banyak! Gak kejangkau Busway, adanya kapal kontainer… Transformer banget deh…
Konon ini Gambar Tanjung Priok...

Setelah menunggu cukup lama, baru kemudian aku dipanggil. Ada dua orang yang dipanggil pada waktu itu, aku sama Bolly (dia cowok lo, anak Medan), anak UNPAD… Bolly dulu baru aku… Begitu Bolly selesai, aku dipanggil… begitu masuk ruangan yang dingin ba’et, langsung deh minta ijin buat negicilin AC… Dan begitu aku duduk, dar-der-dor langsung dah serasa dikompre (eh gak juga sih, bahkan kompreku aja gak gitu-gitu amat kok!), yang ditanyakan tu full teori… jdi yang namanya aku tu gak belajar ya jadinya jawabku tu ya lupa-lupa ingat. Kalo sekedar bikin laporan keuangan Insya Allah sih bisa, tapi kalo dah diminta menyebutkan aneka macam-macam dan aneka pengertian ya…. Sekali lagi namanya tidak belajar ya… gitu deh, makanya inget banget waktu itu setelah 40 menit dicecar aneka pertanyaan lupa-lupa ingat, kemudian aku dianyain “rencana 5 tahun ke depan apa?” Karena ibu pengompre (oya, yang nginterview, eh…. Ngompre aku tu ibu ibu) berhasil men-shock terapy diriku, jadinya aku bener2 shock, langsung deh jawabku ngasal dan nggak banget… makanya begitu keesokan harinya aku buka email dan mendapat email dari Astra Trac bahwa aku belum memenuhi kualifikasi untuk jadi Kandidat Head Of Administration and Finance, ya aku sih biasa aja… Nyadar aja, dan gak terlalu pingin juga ngelihat Tempat kerjanya yang Transformer gitu…

Dari pengalaman ini aku kemudian sadar kalo aku itu orangnya eksternal juga, buktinya ketika aku liat lokasi kantor Harmony di Tanjung Priok entah kenapa aku langsung jadi lebih gak terlalu minat dari sebelum aku datang ke lokasi. Kenapa jadi lebih gak terlalu minat ? karena emang motivasi utamaku datang ke Jakarta pada waktu itu adalah untuk Test Muamalat yang lebih aku minati (saat itu) daripada test yang Astra Trac ini. (Makanya gak belajar juga) Terkait Astra Trac harapanku pada waktu itu sih kalo aku lolos ya Alhamdulillah, kalo gak pun ya gakpapa, Iseng Iseng berhadiahlah. Dan dari pengalaman itulah aku baru nyadar kalo ternyata aku bukan tipe orang yang mau memaksakan diri masuk sesuatu kalo aku emang gak terlalu minat, dan aku benar2 menampakannya… Yah, entahlah… kembali pada perkataan sahabatku Reza, Nyari kerja itu kayak nyari jodoh, Kita suka, dia gak suka, dia gak suka, kita gak suka… yang pastinya Astra Trac bukan jodohku…karena gak ada yang saling menyukai disini, hehe2…

Pelajaran penting dari episode ini : kalo emang anda menginginkan suatu pekerjaan, pastikan anda menguasai keilmuan mengenai pekerjaan itu, biar kalo ditanyain bisa, menguasai text book aja Insya Allah dah cukup kalo emang kamu fresh graduate, kalo dasarnya kamu kreatif ntar Insya Allah bisa kok menerapkan di dunia kerja (kalo pengen kerja) toh ntar ada trainingnya juga kok… Trus apalagi ya ? Mmm… bisa jadi mungkin, (mungkin lo ya…) ketika aku okelah tidak bisa ngejawab dengan benar semua pertanyaan pada waktu itu, sehinggakan pas ditanyain pertanyaan psikologis kayak “rencana 5 tahun ke depan apa?” pada waktu itukan aku ngejawabnya ngelantur gara2 shock, lha sapa tau kalo aku ngejawab dengan baik pertanyaan itu aku bisa lolos. Tapi ya, ini kira-kira aja lo ya… karena emang seringkali dalam hal beginian tu tidak butuh jawaban yang benar dalam segalanya, yang dibutuhkan cuma menjawab dengan benar… Wallahua’lam Bishhowab…

Nyambung di Part-4 ya… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar